Kolom Blog Adhi Ksp: Olahraga Membuat Kita Awet Muda

Kolom Blog Adhi Ksp

Olahraga Membuat Kita Awet Muda

Olahraga membuat Anda, kita semua akan tetap awet muda. Sepuluh tahun lalu, saya pernah membaca buku Long Ten Years Younger, Live Ten Years Longer, A Man's Guide karya David Ryback. Bagaimana agar kelihatan sepuluh tahun lebih muda dan hidup 10 tahun lebih lama.
Sepuluh tahun lalu, ketika saya membaca buku itu, saya percaya bahwa olahraga dapat membuat hidup lebih muda, lebih segar.Sekarang, setelah sepuluh tahun berlalu, saya mulai "menikmati" hasilnya.

Saya rutin berolahraga, berenang, squash, tenis, jogging, bahkan jika berdansa dimasukkan dalam kategori olahraga, saya lakukan hal itu juga. Saya sangat menikmati berolahraga. Selain tubuh makin bugar, pikiran kita pun lebih jernih. David Ryback mengutip American Heart Association menyebutkan, jika kita tidak berolahraga, hal itu merupakan salah satu dari 11 faktor yang mempredisposisikan kita kepada penyakit jantung.

Sama seperti ketakutan kita akan overweight (kegemukan), Ryback yakin bahwa inaktivitas merupakan faktor yang sama pentingnya dengan makan berlebihan. Olahraga akan memperlambat proses penuaan sehhingga untuk mendapatkan jantung yang lebih sehat, badan yang lebih ramping, dan hidup yang lebih lama, cobalah membuang kemalasan Anda.

Kadang saya heran jika ada teman yang bilang tidak punya waktu untuk berolahraga. "Sudah tertekan dengan tuntutan waktu, mengapa harus menambah stres lagi dengan mengambil waktu untuk berolahraga?" demikian sejumlah alasan mereka yang tidak berolahraga.

Saya rutin bermain tenis, seminggu dua kali bersama sejumlah teman di dekat tempat tinggal saya di BSD Serpong Tangerang. Setelah lima bulan rutin berolahraga, saya dan sejumlah teman yang rajin tenis telah menemukan hasil menggembirakan: perut mengecil, berat badan turun mendekati ideal. Ini sangat menggembirakan. Sebab, saya ingat, saya pernah mencapai berat 75 kg ketika selama dua tahun, saya hanya duduk di depan komputer, rapat dan sibuk dengan rutinitas. Sampai-sampai saya bercita-cita: saya harus bisa menurunkan berat badan sampai 15 kg! Tapi sekarang cita-cita itu sudah kesampaian. Berat badan saya kini antara 62-63 kg.

Setiap orang bertanya bagaimana caranya sehingga saya mampu menurunkan berat badan hingga tampak langsing? Saya hanya menjawab: berolahragalah secara rutin! Yakinlah, jika Anda berolahraga secara rutin, Anda akan terhindar dari ancaman kegemukan, penyakit jantung, tekanan darah tinggi, stroke, sakit-sakitan. Saya sudah mengalaminya. Dan yang terpenting, Anda tetap kelihatan awet muda 10 tahun, usia harapan hidup Anda bakal lebih panjang 10 tahun, berkat berolahraga secara rutin.

Serpong, 14 April 2007

Comments

sisil said…
tapi banyak orang yang malas olahraga,,
aku juga cuma hari minggu lari-lari di UI bareng temen kostan,,
itupun jarang..

Popular posts from this blog

Masuk dalam Lima Besar Blog Terbaik 2008 Versi Maverick Indonesia

Kolom Blog Adhi Ksp: Paris van Java dan Wawa Sulaeman yang Fenomenal

Kolom Blog Adhi Ksp: Aston