Kolom Blog Adhi Ksp: Asyiknya Punya Blog!

Kolom Blog Adhi Ksp

Asyiknya Punya Blog!

Sejak punya blog http://adhikusumaputra.blogspot.com/, saya merasa hobi menulis dan memotret saya makin terpenuhi. Sebetulnya hobi menulis dan memotret itu sudah saya salurkan lewat media tempat saya bekerja, yaitu Kompas dan juga Kompas Online (http://www.kompas.co.id/). Tapi dengan blog, saya bisa menulis apa saja yang ingin saya tulis.

Tapi di luar soal menulis dan memotret yang hasilnya dimuat di blog, saya ingin menyoroti sisi lain, asyiknya punya blog. Pertama, sejak blog ini dipasang alat penghitung NeoCounter dengan asal negara berikut bendera-benderanya, saya jadi paham nama-nama negara di dunia. Soalnya, fasilitas di NeoCounter memungkinkan kita mengecek lokasi negara bersangkutan.

Menurut catatan sampai hari Rabu 18 Juli 2007 pukul 07.45 WIB, jumlah pengunjung blog ini tercatat 134.002 dari 130 negara dan teritori. Jumlah pengunjung terbanyak dari Indonesia (106.086), disusul Amerika Serikat (6.111), Malaysia (3.911), Hongkong (2.234), Belanda (1.884), Jerman (1.598), Singapura (1.279), Australia (1.154), Jepang (1.109), Inggris (949), Perancis (657), Kanada (466), Thailand (342), Italia (337) dan banyak lagi. Silakan cek di NeoCounter di blog ini.

Yang menarik, saya jadi tahu ternyata ada nama teritori bernama Reunion. Jujur saja, awalnya saya tak begitu tahu nama Reunion. Ternyata itu nama pulau di sebelah timur Madagascar di Samudera Hindia, sekitar 200 km dari Mauritius. Reunion adalah salah satu dari 26 teritori Perancis di mancanegara. (http://en.wikipedia.org/wiki/Réunion). Kalau bukan karena blog ini, saya tak terlalu peduli soal Reunion. Ini cuma salah satu contoh saja. Saya jadi rajin mencari tahu dan akhirnya jadi tahu.

Kedua, cukup banyak pembaca yang menulis e-mail. Ada yang menanyakan alamat narasumber yang tulisannya saya muat di Kompas (tempat saya bekerja). Sebetulnya mereka bisa saja menanyakan langsung ke Redaksi Kompas, tapi entah kenapa mereka bertanya lewat blog ini. Mungkin ini mendapat jawaban langsung dari penulisnya. Ada juga yang mengusulkan ide tulisan. Sebetulnya ini pun bisa mereka sampaikan ke Redaksi Kompas. Soalnya, blog ini milik saya sebagai pribadi, yang bekerja di Harian Kompas sebagai wartawan, jurnalis! Blog ini bukan bagian dari Kompas.

Email-email yang masuk beragam. Ada yang minta izin me-link-kan blog ini ke weblog atau website mereka. Siapapun yang ingin me-link-kan blog ini, silakan saja. Supaya saya bisa memasukkan nama blog mereka, sebaiknya memang menulis email ke alamat blogadhiksp@gmail.com. Jadikan blog ini arena promosi bagi blog Anda juga.

Ada yang tanya hal-hal yang sebetulnya tidak bisa saya jawab (misalnya soal zaman shogun berkuasa di Jepang atau soal makam guru ngajinya di Kampung Beting di Pontianak, Kalbar). Ada yang minta bertemu alias kopi darat. Ada beberapa mahasiswa dari berbagai kota menanyakan informasi lebih lanjut soal bahan skripsi atau tugas kuliah mereka. Bahkan ada mahasiswa yang kesulitan uang, minta bantuan.

Ada juga yang mengusulkan agar saya membuat komunitas tersendiri, yang dapat bertemu secara berkala. Meskipun saya agak kurang yakin bisa terwujud mengingat kesibukan masing-masing, tapi saya pikir ini ide yang bagus. Yah, pokoknya macam-macamlah isi email, yang satu persatu saya usahakan untuk menjawabnya.

Tapi intinya, saya memiliki banyak teman di jagat maya melalui blog ini. Kalau ada yang sinis bahwa membuat blog cuma narsis, saya pikir, ah dari sisi mana orang yang melihatnya. Lagipula narsis tidak dilarang kok. Karena itu, saya memilih bergabung menjadi komunitas narsis, jutaan blogger di berbagai negara di dunia ini. Bahkan saya pernah mendapat email dari pengelola www.blogdigger.com yang memberi tahu bahwa blog ini masuk dalam daftarnya. Ini artinya semua tulisan di blog ini dapat pula diakses di http://www.blogdigger.com/search/site:adhikusumaputra.blogspot.com.

Asyiknya punya blog? Ya, saya sangat menikmati hal itu. Punya blog memang asyik. Blog bisa menjadi semacam catatan harian yang mengglobal, bisa menjadi sarana untuk menuangkan pikiran dan uneg-uneg, juga menjadi dokumentasi laporan, tulisan dan foto saya yang pernah dimuat di Kompas. Akan menjadi mudah bagi saya (dan mungkin banyak orang lain yang menelusuri lewat Google Search dan search engine lainnya) untuk mencari kliping tulisan-tulisan saya.

Saya membuat blog secara otodidak. Saya baca buku dan belajar dari blog-blog lain yang lebih dulu ada. Saya harus menyampaikan terima kasih kepada sahabat saya di jagat maya (karena belum pernah bertemu dan hanya berkomunikasi lewat email) yaitu Enda Nasution dan Fany Ariasari. Enda misalnya, mengizinkan saya memuat tulisannya tentang "Apa itu Blog?" di blog ini beberapa bulan lalu. Fany lewat bukunya, Pernak-Pernik Blog", membantu saya memeriahkan blog ini.

Bagi Anda yang belum punya blog dan ingin punya blog, saya hanya ingin sampaikan satu hal: punya blog itu memang asyik! Banyak manfaat yang kita peroleh dari blog, selain bahagia karena ternyata blog saya bermanfaat bagi banyak orang, juga saya mendapat banyak sahabat dari jagat maya yang tak terbatas ini. Teruslah mengisi blog Anda secara rutin!

Serpong, 18 Juli 2007

Comments

Popular posts from this blog

Masuk dalam Lima Besar Blog Terbaik 2008 Versi Maverick Indonesia

Kolom Blog Adhi Ksp: Paris van Java dan Wawa Sulaeman yang Fenomenal

Kolom Blog Adhi Ksp: Aston