Kolom Blog Adhi Ksp: Mengapa Membuat Blog?

Kolom Blog Adhi Ksp

Mengapa Membuat Blog?

Mengapa harus membuat blog? Bukankah saya sudah punya media untuk menulis, suratkabar Kompas maupun Kompas Online? Pertanyaan ini dilontarkan seorang teman. Saya belum lama membuat blog, akhir Desember 2006 silam. Waktu itu tujuan saya sangat sederhana, bagaimana bisa membaca laporan dan tulisan saya di Kompas, dengan mudah.

Bagi saya, membaca hasil karya tulisan tahun-tahun silam, sangatlah penting.Kompas sebetulnya punya kliping berita hasil guntingan dari koran dan ditempel dengan lem di kertas. Namun, mencari kliping suratkabar dengan kertas yang sudah berwarna kuning dalam tumpukan buku, wah, itu butuh waktu cukup lama dan kurang praktis.

Saya sebenarnya bisa juga masuk ke home.kompas.co.id, gerbang akses bagi semua wartawan Kompas untuk melihat kliping dan pintu masuk untuk mengirim berita dari manapun berada. Tapi sekali lagi, itu juga kurang praktis. Saya berpikir, bagaimana jika laporan pilihan yang pernah saya tulis di suratkabar Kompas (dan juga di Kompas Online), saya masukkan ke blog pribadi saja. Toh, yang menikmatinya bukan hanya saya, tetapi juga pembaca dari mancanegara.

Alhasil, jadilah blog ini, Blog Adhi Ksp (sebelumnya blog ini saya beri nama Robert Adhi Kusumaputra, tapi karena terlalu panjang, saya cari nama lebih singkat). Awalnya saya hanya memuat kumpulan tulisan, laporan dan berita yang pernah dimuat di suratkabar Kompas dan di Kompas Online.

Tapi dalam perjalanan waktu, ada sejumlah saran dari teman. Ide untuk menulis kolom, catatan harian, uneg-uneg pribadi tentang apa saja, sebetulnya sudah lama ada dalam benak. Waktu itu saya berpikir akan membuat blog lain khusus tentang pandangan pribadi saya. Namun agaknya, jika diselang-seling, blog ini akan lebih berwarna.

Karena itu, sejak 23 Februari lalu, saya mulai menulis catatan, pandangan pribadi saya tentang berbagai hal, yang saya namakan "Kolom Blog Adhi Ksp". Ini untuk membedakan dengan tulisan dan laporan saya yang dimuat di suratkabar Kompas dan Kompas Online. Terima kasih untuk rekan saya Susi Ivvaty (IVV) yang menulis di mailing-list (milis) forum kompas, yang menyarankan agar saya menulis pandangan pribadi, menulis pandangan hidup, ataupun kehidupan pribadi di blog ini.

Juga berbagai komentar dari sejumlah rekan baik di Kompas (MDN, EKI, WSI, NAS) maupun sahabat di jagat maya (yang belum pernah bertatap muka sebelumnya).Terus terang, saya membuat blog ini secara otodidak. Saya beli buku di Gramedia, lalu saya baca semalaman, dan mencoba-coba sendiri, tanpa bertanya pada siapapun. Ternyata punya blog itu mengasyikkan. Meng-upload, mencari foto ilustrasi, mencari link-nya, ataupun menulis di dalam blog ini.

Memiliki blog semakin asyik karena ternyata tulisan di blog ini dibaca sahabat-sahabat saya dari berbagai negara, selain dari pelosok Indonesia.Catatan ShinyStat sejak 29 Januari 2007 hingga Minggu (25/2) ini, blog ini sudah dikunjungi mendekati 1.300 kali (dengan page view hampir 2.000). Padahal belum satu bulan. Saya juga menambah NeoCounter sejak tiga hari lalu, agar asal negara pengunjung diketahui dengan cepat. Dalam tiga hari terakhir, pembaca blog ini menurut catatan NeoCounter dari 24 negara.

Ternyata, saya telah menemukan media baru untuk menyampaikan uneg-uneg, pandangan pribadi, atau apapun namanya. Bukan hanya menulis di suratkabar dan koran online, tetapi menulis di blog, menjadi sesuatu yang mengasyikkan. Apalagi hobi saya memang menulis. Apa saja bisa saya tulis. Waw, betul-betul blog membuat saya makin "hidup" dan selalu enerjik.

Melihat manfaatnya sangat besar, saya mengajak siapapun yang belum memiliki blog, ayo sekarang membuat blog. Percayalah, membuat blog itu sangat mudah. Berikut ini referensi buku yang dapat dibaca, Trik Mempercantik Blog (Editor: Laksono Hari Wiwoho, penerbit Majalah KomputerAktif, 2006), dan Pernak-Pernik Blog Cantik, Atraktif, Fungsional (oleh Fany Ariasari, penerbit mediakita, 2006).

Referensi lainnya, jika Anda ingin membuat blog, silakan buka URL http://enda.goblogmedia.com/apa-itu-blog.html, http://id.wikipedia.org/wiki/Blog, http://afsyuhud.blogspot.com/, http://kolom-mario.blogspot.com/.

Mudah-mudahan ini bisa membantu Anda.
Ayo membuat blog!

Serpong, 25 Februari 2007

Comments

Popular posts from this blog

Masuk dalam Lima Besar Blog Terbaik 2008 Versi Maverick Indonesia

Kolom Blog Adhi Ksp: Paris van Java dan Wawa Sulaeman yang Fenomenal

Kolom Blog Adhi Ksp: Aston