Kolom Blog Adhi Ksp: Menikmati Perjalanan di Laut

Kolom Blog Adhi Ksp

Menikmati Perjalanan di Laut

Saya termasuk orang yang menikmati perjalanan di laut. Dulu, ya sudah lama banget, saya pernah ikut kapal polisi yang kapasitasnya hanya 17 orang, berangkat dari Tanjungpriok ke Batam bersama Polisi Perairan. Ini pengalaman berkesan bagi saya. Mengapa? Karena dalam 28 jam perjalanan di laut dari Tanjungpriok ke Batam itu, hanya satu jam pertama, saya bisa tertawa dan tersenyum. Selebihnya? Mabuk laut! Terutama ketika kapal polisi itu menembus Selat Bangka, yang ombaknya besar!

Itu pengalaman jurnalistik pertama saya dengan laut. Sudah lama sekali, tahun 1988 atau 1989. Waktu itu Direktur Samapta-nya Brigjen Moch Hindarto (yang kemudian menjadi Kepala Polda Metro Jaya dan sekarang sudah lama pensiun jadi polisi). Sampai di Batam, rasanya bumi tempat berpijak, masih bergoyang-goyang.

Pengalaman lain di laut, ketika bertugas di Kalimantan Barat, saya pernah menjelajahi Pulau Temajo dan salah satu pulau lainnya, tak jauh dari pantai Pasirpanjang, Singkawang. Saya menikmati perjalanan itu semua. Melihat bagaimana nelayan menangkap cumi di tengah laut. Menikmati bagaimana snorkeling di Laut China Selatan. Sungguh pengalaman yang berkesan dalam hidup saya. http://adhikusumaputra.blogspot.com/search/label/Pulau%20Temajo.

Pekan lalu, saya kembali menikmati laut. Kali ini ke Kepulauan Seribu. Selain liputan, yang saya lakukan adalah menikmati snorkeling dan scuba diving di perairan Pulau Pramuka dan Pulau Semak Daun. Perjalanan yang mengasyikkan dan juga menyenangkan. Bagi saya yang suka adventure, ini petualangan yang luar biasa.

Karena itu saya bersyukur, menjadi wartawan, jurnalis, saya bisa menikmati banyak hal, melakukan perjalanan yang menyegarkan. Melakukan diving, selam untuk kali pertama. Tak ada yang perlu dicemaskan setelah kita berada di bawah laut. Semua menakjubkan!

Saya suka laut. Saya suka ikan. Mungkin karena bintang saya, Pisces, simbol ikan. Tapi benar. Ketika berada di laut, di bawah laut, saya merasa memperoleh sensasi baru yang luar biasa. Sulit diungkapkan dengan kata-kata.

Serpong, 19 Juni 2007

Comments

Popular posts from this blog

Masuk dalam Lima Besar Blog Terbaik 2008 Versi Maverick Indonesia

Kolom Blog Adhi Ksp: Paris van Java dan Wawa Sulaeman yang Fenomenal

Kolom Blog Adhi Ksp: Aston