Kolom Blog Adhi Ksp: Bersama Humas Hotel

Kolom Blog Adhi Ksp

Bersama Humas Hotel

Hari Rabu (4/4) malam, saya hadir dalam acara Public Relations Gathering di Terrazo Poolside Lounge, Aston Atrium Senen Hotel and Convention Center, Jakarta Pusat. Sejak jauh hari saya diberitahu Els Ramadhinta (The Ritz-Carlton) ihwal acara ini. Saya pikir mengapa tidak? Sudah lama saya tidak bertemu komunitas para humas hotel di Jakarta ini.

Beberapa hari sebelumnya, masuk pula SMS dari Fika Kansil (Hotel Borobudur) dan Megasari Rustianty (Hotel Sahid Jaya) agar saya hadir dalam acara tersebut. Ternyata kedua sahabat lama saya ini, kandidat Ketua Himpunan Humas Hotel (H3) Jakarta yang baru.

Dalam acara Rabu malam yang meriah itu, akhirnya terpilih Fika Kansil (40) sebagai Ketua H3 yang baru. Selanat ya Fika! Saya kenal Fika semasa dia masih di Sari Pan Pasific. Sedangkan Megasari, saya kenal ketika dia PR di Hotel Bidakara, lalu Mega pindah ke Sheraton Media, Millenium Sirih dan sekarang di Sahid Jaya.

Fika menggantikan Putu Ayu Aristyadewi, Ketua H3 Jakarta (2004-2006). Saya kenal Putu sudah lamaaa banget, waktu Putu masih PR Officer di Hotel Sahid Jaya, kalau tak salah tahun 1990-an. Lalu Putu cukup lama di Hotel Acacia, kemudian pindah ke Sheraton Bandara, pindah lagi ke Accor Indonesia. Sekarang Putu mengajar di Universitas Indonesia. Dan ada berita gembira, Putu segera menikah! Selamat ya Put!

Saya juga mau cerita, ketika semalam ke Hotel Aston Atrium Senen, di lounge, saya melihat seorang perempuan hitam manis. Dia melambaikan tangannya. Tapi terus terang, saya lupa namanya. Ah, ternyata perempuan hitam manis itu Marlene Frans! Waw, lima tahun lalu saya bertemu Marlene di Hotel Aryaduta. Lalu dia menghilang entah kemana. Eh, sekarang Marlene bergabung di kantor pusat Aston International, yang sedang ekspansif dan agresif mengembangkan jaringan hotel itu di berbagai kota di Indonesia. Makanya, seusai acara semalam, kami ngobrol lagi sambil ngopi di lounge Aston hingga menjelang tengah malam.

Sembari mendengar suara penyanyi mendayu-dayu dan dentingan piano. Hmmm...
Dalam acara PR Gathering itu, saya juga bertemu Yulia Maria, sekarang PR di jaringan Hotel Ibis. Saya kenal Yulia semasa dia PR di Hotel Imperial Aryaduta & Country Club, Lippo Karawaci. Yulia masih pengantin baru. Dia menikah dengan sahabat saya, fotografer Umar Widodo.

Ada pula Mbak Henny Puspitasari, sekarang PR Manager di Metro TV. Saya bertemu dengan Henny semasa dia PRM di Hotel Sheraton Media dan kemudian di Hotel Borobudur. Dulu duet Henny dan Putu di H3 sangat dikenal media. Yah, mudah-mudahan Fika dan kawan-kawan juga mampu membuat H3 tetap eksis dengan berbagai aktivitasnya yang bermanfaat.

PR-PR lama seperti Ibu Nuraini Prapdana (Mercure Ancol) dan Ibu Endah (tidak diui humas hotel lagi) juga memberi sambutan. Awal muasal H3 didirikan karena dulu para humas hotel "nebeng" perkumpulan para sales and marketing hotel. Lalu ada ide, mengapa para humas hotel tidak mendirikan perkumpulan sendiri?

Alhasil pada 27 November 1995 di Hotel Kartika Chandra Jakarta, resmilah berdiri Himpunan Humas Hotel atau disingkat H3 Jakarta. Menteri Pariwisata Andi Mappisangeng meresmikan H3, yang waktu itu ketua pertamanya dijabat Ibu Sri Asmoro dari Hotel Sahid Jaya. Dalam perjalanan waktu, H3 terus berganti pengurus. Sekarang banyak PR yang lebih muda dan segar.

Jumlah hotel juga terus bertambah. Sekarang ada 63 hotel di Jakarta dan sekitarnya.
Berbahagialah mereka yang menjadi humas hotel karena pada umumnya humas hotel seorang yang harus serba bisa, harus tahu segala sesuatunya. Begitu sudah tidak kerja di hotel lagi, pengalamannya selama bekerja sebagai humas, sangat membantu pekerjaan di tempat baru.


Kalimat ini saya kutip dari seorang humas hotel senior dalam acara tersebut. Benar kan Mbak?
FOTO di blog ini, foto bersama para humas hotel di Jakarta dan sekitarnya, usai acara di Terrazo Aston Atrium Senen Hotel and Convention Center, Jakarta Pusat.

Serpong, 5 April 2007

Comments

Anonymous said…
makasih ya mas adi atas tulisannya, salam kenal saya kiki. Dulu, saya mahasiswa UI yang diajar oleh ibu Putu dan Ibu Henny. Seneng diajar Bu Putu dan Bu Henny,baik2 banget. Saat ini, saya memang sedang mencari no beliau yang bisa dihubungi untuk menjadi narasumber di foundation tempat saya bekerja saat ini. Saya sangat berharap untuk dapat segera menghubunginya. Bila tidak keberatan, email saya di aku_kiki_cantik@yahoo.com atau rizki@mitrainti.org. Terima kasih

Popular posts from this blog

Masuk dalam Lima Besar Blog Terbaik 2008 Versi Maverick Indonesia

Kolom Blog Adhi Ksp: Paris van Java dan Wawa Sulaeman yang Fenomenal

Kolom Blog Adhi Ksp: Aston