Kolom Blog Adhi Ksp: Nge-Blog Itu Memang Asyik!

Kolom Blog Adhi Ksp

Nge-Blog Itu Memang Asyik!

Usia blog ini hampir tiga bulan, namun baru dipasang alat penghitung ShinyStat baru dua bulan terakhir. Beberapa teman bertanya pada saya, bagaimana bisa blog ini dibaca cukup banyak orang dari berbagai negara?

Jawabannya sederhana: saat ini jutaan orang di dunia juga nge-blog, dan ratusan juta orang lainnya asyik menjelajahi internet. Karena banyak kata kunci (labels) dalam blog ini masuk dalam search Google, maka tidak heran jika banyak orang yang sedang searching di Google, menemukan blog ini dengan mudah.

Beberapa surat dari sahabat seperti misalnya dari sahabat lama saya, Paul C Pati, editor UCAN ataupun teman lamaa banget waktu di Bandung, Mbak Ruri. Juga Marshall Pribadi, yang menyebutkan artikel-artikel di blog ini menarik dan bermutu. Terima kasih untuk komentar-komentar tersebut.

Mengapa saya nge-blog? Saya sudah menjelaskan sebetulnya tujuannya sederhana: saya ingin membaca ulang tulisan dan laporan saya pada tahun-tahun silam selama perjalanan tugas jurnalistik saya. Sebenarnya hanya untuk memudahkan saya membaca ulang kliping-kliping laporan saya yang ditulis di Kompas. Selain di Kompas cetak, saya juga aktif menulis di Kompas online. Dan ternyata menyenangkan juga.

Beberapa teman PR hotel rupanya senang ditulis di Kompas online karena saat ini dampak internet lebih dahsyat dibandingkan media cetak. Dan itu sebenarnya dirasakan sejumlah kalangan, yang mengakui dampak berita internet lebih cepat karena diketahui banyak pembaca di seluruh dunia dalam waktu singkat. Hampir semua laporan di Kompas online, saya masukkan ke blog ini.

Bahkan ada teman yang bertanya jika ada tulisan saya di Kompas, yang tidak dimasukkan ke blog ini. Begitu dalam perhatiannya.Setelah nge-blog lebih dua bulan, saya mulai merasa, ternyata nge-blog itu memang asyik. Saya kerjakan, meng-upload tulisan saya di blog ini menjelang pagi atau menjelang tengah malam.

Ternyata tidak sia-sia. Sahabat saya di jagat maya terus bertambah setiap hari. Beberapa di antaranya berlanjut ke "kopi darat", tatap muka langsung. Salah satu komentar yang membuat saya kaget, datang dari pemilik PO Nusantara Kudus. Pak Handojo Budianto bilang dia membaca blog saya setiap hari dan dia suka dengan artikel soal rahasia awet muda yang saya tulis di Kolom Blog Adhi Ksp beberapa waktu lalu.

Beberapa surat (email) membuat saya memiliki enerji lebih menulis di blog ini.Kemarin saya menambahkan links sejumlah suratkabar dari berbagai negara. Tujuannya agar saya lebih mudah mencari berita dari salah satu negara. Mudah-mudahan ini bisa membantu pengunjung blog ini, yang berniat mencari informasi.

Saya juga menambah kan pernak-pernik lain dari FreeDictionary. Artikel-artikel pilihan dari media asing, juga saya masukkan ke blog ini. Saya berharap blog ini bermanfaat bagi banyak kalangan. Tujuan saya membuat blog ini, selain memuaskan hobi menulis saya (yang bisa saya tuangkan kapan saja tanpa harus menunggu dimuat di media cetak), juga sebagai kliping online tulisan saya di Kompas.

Dalam perkembangan waktu, ada masukan, saran dan kritik dari sahabat-sahabat saya. Terima kasih kepada Susi Ivvaty yang menulis di milis forum kompas (sehingga saya membuat Kolom Blog Adhi Ksp ini), terima kasih kepada Enda Nasution (sehingga saya membuat pengantar dalam awal tulisan di blog ini), juga banyak sahabat saya lainnya di mana saja berada.

Jika ada yang bertanya mengapa blog ini ramai dikunjungi? Catatan NeoCounter sudah lebih 23.000 dari 87 negara dan lebih 1.100 kota. Catatan ShinyStat pengunjung datang dari 89 negara (Timor Leste dan Cayman Islands tidak terekam oleh NeoCounter).

Saya tidak bisa menjawab pertanyaan itu. Tapi saya berterima kasih kepada para pembaca setia blog ini. Saya juga berterima kasih kepada sahabat-sahabat saya, baik yang sengaja datang maupun tidak sengaja berkunjung ke blog ini.

Hanya ada satu kalimat yang ingin saya sampaikan kali ini: Nge-Blog itu memang asyik! Ayo ramai-ramai Nge-Blog!

Serpong, 29 Maret 2007

Comments

Popular posts from this blog

Masuk dalam Lima Besar Blog Terbaik 2008 Versi Maverick Indonesia

Kolom Blog Adhi Ksp: Paris van Java dan Wawa Sulaeman yang Fenomenal

Kolom Blog Adhi Ksp: Aston