Kolom Blog Adhi Ksp: Kepulauan Seribu Tak Pernah Membosankan!

Kolom Blog Adhi Ksp

Kepulauan Seribu Tak Pernah Membosankan!

Kepulauan Seribu, bagi saya, tidak pernah membosankan. Bayangkan, wilayah kepulauan yang penuh keindahan biota laut dan satwa langka ini masih masuk wilayah Jakarta, ibu kota negara. Konon, Jakarta satu-satunya ibu kota negara di dunia ini, yang punya taman nasional laut. Di sini, kita dapat melihat bagaimana burung bangau terbang di atas pepohonan rindang di Pulau Rambut.

Di pulau ini juga, kita dapat melihat biawak berjalan santai di kawasan hutan. Memang tak sembarangan orang boleh datang ke Pulau Rambut. Harus mengantungi izin lebih dahulu dari instansi berwenang. Tapi dalam perjalanan jurnalistik hari Jumat (6/7) dan Sabtu (7/7) pekan lalu ke Kepulauan Seribu, saya bersama dua teman dari Kompas yaitu Iwan Santosa dan fotografer Wisnu Widiantoro ke Pulau Rambut bersama Kepala Balai Taman Nasional Laut Kepulauan Seribu, Sumarto.

Di Pulau Pramuka, kita bisa melihat bagaimana penyu sisik dipelihara untuk kemudian dilepas ke laut. Mulai dari penetasan sampai pelepasan. Di Pulau Kotok, kita juga bisa melihat elang bondol dan elang laut. Jadi, bagi saya, datang ke Kepulauan Seribu, tak pernah membosankan!
Apalagi dalam dua hari itu, kami sempat menikmati snorkeling dan diving lagi, menikmati keindahan biota laut, ikan hias dan karang hias.


Hari Sabtu, bawah laut agak keruh karena gelombang kencang. Tapi Minggu pagi, di sekitar perairan Pulau Semak Daun, keindahan biota laut terlihat jelas. Saya didampingi Pak Umar, menyelam selama 23 menit. Ini penyelaman kali keempat bagi saya. Menurut Mas Sumarto, lama waktu di bawah laut salah satu indikator kemampuan selam.

Datang ke Kepulauan Seribu lagi, lagi dan lagi, bagi saya, tak pernah membosankan.
Bayangkan, wilayah ini masih berlokasi di Jakarta, bukan di luar Jawa. Jadi pergi pulang pun bisa, menginap semalam, dua malam, apalagi. Saya menikmati keindahan Kepulauan Seribu. Burung bangau, burung elang bondol dan elang laut, biawak, ikan hias, karang hias. Apalagi menyantap ikan segar yang digoreng atau dibakar.


Serpong, 11 Juli 2007

Comments

Popular posts from this blog

Masuk dalam Lima Besar Blog Terbaik 2008 Versi Maverick Indonesia

Kolom Blog Adhi Ksp: Paris van Java dan Wawa Sulaeman yang Fenomenal

Kolom Blog Adhi Ksp: Aston