Bekerja Sambil Mendengarkan Deburan Ombak Laut Selatan

Kolom Blog Adhi Ksp

Bekerja Sambil Mendengarkan Deburan Ombak Laut Selatan

JUDUL ini saya ambil dari situs http://nyambungterus.com milik XL. Awalnya, memang saya menulis uneg-uneg pengalaman saya saat menjelajahi wilayah Banten tengah-selatan Oktober 2007 lalu. Saya sebutkan jaringan XL termasuk yang terluas karena ketika saya dan rekan saya Pascal menginap di rumah penduduk di Desa Sawarna, Bayah, Kebupaten Lebak di selatan Banten, hanya XL yang bisa diakses. Saya heran kok Indosat dan Telkomsel tak bisa diakses sama sekali.

Ternyata uneg-uneg saya itu ditindaklanjuti oleh Mas Henry Wijayanto dari Business Solution XL. Henry menelepon dan kemudian menulis email kepada saya. Isinya antara lain memberitahukan bahwa email saya akan ditampilkan di http://nyambungterus.com atau selengkapnya bisa dibaca di sini. Terima kasih buat Mas Henry Wijayanto dari Business Solution XL yang beberapa kali menghubungi saya untuk urusan ini.

Bekerja Sambil Mendengarkan Deburan Ombak Laut Selatan
Salah satu capaian dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi adalah aspek peningkatan produktifitas. Hal ini dirasakan benar terutama oleh orang-orang dan kalangan profesional yang membutuhkan kecepatan sekaligus keleluasaan dalam bekerja. Jurnalis adalah salah satu profesi yang sangat diuntungkan dengan capaian tersebut.


Pengakuan Robert Adhi Kusumaputra, atau lebih sering dipanggil Adhi Ksp, menguatkan pernyataan tersebut. Sebagai salah satu wartawan koran terbesar di Indonsia, tentu dia membutuhkan kecepatan dan keleluasaan dalam mencari, menulis dan mengirimkan berita atau laporan di mana pun dia berada.

"Bulan lalu, saya bersama seorang teman menjelajahi wilayah Banten selatan. Ketika berada di Desa Sawarna, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, sekitar 250 km dari Jakarta, koneksi jaringan seluler tidak tersambung. Tapi jaringan XL menyelamatkan kami. XL tetap ada, ketika jaringan seluler lainnya menghilang. Sehingga dari wilayah terpencil sekalipun, kami tetap dapat mengirim foto dan laporan kami dari Bayah, Lebak, Banten selatan ke media tempat kami bekerja," demikian tulis Adhi Ksp dalam email yang dikirimkan ke nyambungterus.com.

Wartawan yang juga nge-blog di http://adhikusumaputra.blogspot.com ini, sangat menikmati pekerjaan, tentu saja dengan bantuan sarana teknologi informasi dan komunikasi tersebut. dalam salah satu posting di blog-nya, dia bertutur, "Kecanggihan teknologi telah memudahkan banyak orang mengakses internet dari mana saja dan kapan saja. Di pelosok terpencil seperti di Pantai Ciantir, Desa Sawarna, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Banten selatan, saya tetap dapat melakukan koneksi internet melalui Nokia E61. Pukul 06.00-an, ketika kami mendengarkan deburan ombak laut selatan, kami sudah dapat membaca laporan yang kami tulis."

Masih di dalam blog yang sama, Adhi Ksp mengungkapkan harapannya, "Teknologi telah memudahkan kita bekerja di mana saja dan kapan saja. Mengakses internet, membaca dan mengirim email kapan saja dan dari mana saja. Kalau di desa-desa terpencil saja, kita bisa melakukan hal itu, tentu tak ada masalah jika itu dilakukan di kota-kota besar, apalagi di Jakarta.

Melihat problem Jakarta adalah kemacetan lalu lintas yang sudah akut, alangkah baiknya semua wartawan perusahaan-perusahaan media di Jakarta dilengkapi dengan alat teknologi yang memudahkan pengiriman berita dan foto dari mana saja dan kapan saja.

Comments

Popular posts from this blog

Masuk dalam Lima Besar Blog Terbaik 2008 Versi Maverick Indonesia

Kolom Blog Adhi Ksp: Paris van Java dan Wawa Sulaeman yang Fenomenal

N95 8GB, Multimeda dalam Genggaman Tangan