Presir dan Menteri pun Nge-Blog

Kolom Blog Adhi Ksp

Presdir dan Menteri pun Nge-Blog

BLOG kini makin disadari sebagai salah satu sarana untuk menyampaikan pandangan dan pendapat pribadi yang tepat sasaran. Orang-orang yang punya jabatan dan pengaruh, juga memiliki blog pribadi. Di Indonesia, Menteri, CEO, Country Manager, Managing Director juga menulis di blog. Saya mengambil contoh, Irfan Setiaputra, Managing Director Cisco Indonesia.

Blog Irfan berisi hal-hal yang sesuai dengan bidangnya, yaitu soal internet. Irfan juga membuka ruang tanya jawab kepada pengunjung blognya. Dalam pengantarnya, Irfan yang mulai nge-blog sejak 27 Juni 2007 menulis: Selamat datang!Saya akan ngeblog terutama menyangkut Internet, networking — mulai dari yang berkaitan dengan infrastruktur hingga apa yang disebut human network, aktivitas virtual, kehidupan maya hingga gaya hidup digital. Saya juga akan bercerita tentang pengalaman saya, terutama yang masih menyangkut dengan dunia yang saya geluti sekarang ini.

Mengapa saya ngeblog? Karena jelas, blog adalah sebuah tool yang penting dalam human network. Mengingat sifatnya yang personal dan interaktif, maka di blog kita bisa berbincang-bincang secara lebih santai dan akrab.Saya mengundang semua pembaca blog ini untuk memberikan respon, berbagi pengetahuan, ide dan pengalaman. Ada banyak pelajaran yang bisa dipetik jika kita mau saling berbagi, karena setiap kita pasti punya pengetahuan, pengalaman dan ide yang unik..."

Betti Alisjahbana, Presiden Direktur PT IBM Indonesia, juga menulis di blog. Tulisan-tulisan Betti di blognya beragam. Salah satunya adalah visi dan misinya dan tujuannya mencalonkan diri sebagai Ketua Ikatan Alumni Institut Teknologi Bandung.

Dalam header blognya, Betti menulis, "Visi, misi, juga idealisme seseorang dapat dikenal melalui tulisannya. Bagaimana visi dan misi saya seputar Ikatan Alumni ITB? Sebagai seorang yang berkarir di bidang Teknologi Informasi? Siapakah saya? Anda dapat mengenal lebih jauh tentang seorang Betti Alisjahbana melalui blog ini".

Elisa Lumbantoruan, Country Manager HP Indonesia, mengisi blognya tentang kehidupan sehari-hari, termasuk kehidupan keluarganya. Elisa menulis, "The values that ICT bring to us is unlimited. It gives us the opportunities to get our freedom in many aspects of our life. To express our ideas, to interact with others, to get any services that we want, to develop ideas to be innovation and many other things that we can do. ICT is enabling us to get access to unlimited stored knowledge directory virtually anywhere and anytime. This blog is one of the example outcome of this technology."

Menteri Pertahanan Republik Indonesia, Juwono Sudarsono menulis pandangan pribadinya mengenai isu-isu pertahanan, pembangunan, internasional dan bangsa, termasuk kisah keluarganya seperti kelahiran cucu pertamanya. Tentang blognya yang dikelola anak lelakinya, Juwono menulis, "This site is primarily a weblog. It is a personal blog containing Juwono Sudarsono interest, views, opinions and activities. He will try from time to time to post in Indonesian, but will focus mainly in English to reach wider personal audience with both Indonesian and non-Indonesian nationals who may care to share their views and counter arguments about particular issues.

Yes, this is the offiicial website/blog of Juwono Sudarsono. The day-to-day operations of this blog is assisted by one of his sons.As you can see, we're still in once a month posting mode. Please bear in mind and understand if there are a few things that are still not in accordance with the usual blogging customs in general. This is still a 'trial-in-process' which, hopefully, will improve as it progresses along."

Melalui tulisan ini, saya hanya ingin menegaskan saja betapa blog sudah mewabah ke semua lapisan, termasuk mereka yang memegang posisi puncak seperti Irfan Setiaputra, Betti Alisjahbana, Elisa Lumbantoruan dan Juwono Sudarsono.

Nah, mengapa Anda tidak membuat blog sekarang juga dan mengisi blog Anda secara rutin? Nge-blog yuk...

Serpong, 16 Oktober 2007

Comments

Popular posts from this blog

Masuk dalam Lima Besar Blog Terbaik 2008 Versi Maverick Indonesia

Kolom Blog Adhi Ksp: Paris van Java dan Wawa Sulaeman yang Fenomenal

Kolom Blog Adhi Ksp: Aston