Setiap "Satu Detik" Lahir Satu Blog Baru

Kolom Blog Adhi Ksp

Setiap "Satu Detik" Lahir Satu Blog Baru

oleh Adhi Ksp
* pencinta blog

BLOG kini menjadi salah satu kosakata baru yang banyak diucapkan penduduk di dunia, terutama di negara yang infrastruktur internetnya sudah baik. Blog tiba-tiba menjadi kata ajaib yang membuat dunia semakin tanpa batas, tanpa sekat. Seseorang yang bukan siapa-siapa, dapat dikenal luas di seantero bumi ini berkat tulisan di blognya.

Jumlah pemilik blog setiap hari terus bertambah. Pada Maret 2005,tercatat 7,8 juta blogger. Jumlah ini menjadi 14,7 juta pada Agustus 2005. Menurut BBC, setiap detik lahir satu blog baru di dunia ini. Ini berarti dalam satu menit muncul 60 blog, dalam satu jam 3.600 blog, dalam satu hari 86.400 blog baru. Mengacu hitungan BBC, artinya saat ini, September 2007, diperkirakan sudah terdapat sekitar 88 juta blog.

Jumlah yang fantastis! Setidaknya menunjukkan betapa era digital, era internet sudah di depan mata. Sejumlah industri seluler terkemuka dunia seperti Nokia, Sony Ericsson, Samsung memasarkan produk-produk high-end, yang memudahkan penggunanya mengakses internet dari mana saja dan kapan saja. Semua informasi ada dalam genggaman tangan. Tak perlu lagi ke gedung perpustakaan atau mencarinya melalui PC di kantor maupun di rumah.

Saya melakukan itu semua dengan Nokia E61. Melalui Opera Mini, saya dengan cepat mengakses informasi apa pun, peristiwa yang terjadi di seluruh dunia melalui BBC, CNN, Kompas.com. Mencari informasi bisa lewat mesin pencari (search engine Google, Yahoo!, Technorati maupun ensiklopedi online, Wikipedia. Dengan GPRS maupun dengan Wi-Fi yang kini makin tersebar di kafe, resto, mal, tempat publik lainnya, semua orang dengan mudah mengakses informas apapun dari genggaman tangannya.

Beberapa produk high-end industri seluler, bahkan memudahkan pengguna mengirimkan foto, video, tulisan langsung ke blog (flickr, Vox, YouTube misalnya). Dunia makin kecil dan sempit. Peristiwa apapun di dunia, dapat diketahui dalam hitungan detik, jika pengguna ponsel pintar memgirimkan foto, video ataupun laporannya ke blognya.

BBC dan CNN misalnya, kini membuka kesempatan bagi pembaca onlinenya mengirimkan foto dan laporan peristiwa ke situs berita tersebut. Tidaklah heran apabila kekerasan yang dilakukan junta militer di Myanmar, langsung diketahui jutaan orang di dunia dari foto, video yang dibuat dari ponsel pintar.

Demikian halnya saat peristiwa 11 September dan badai Katrina meluluhlantakkan Amerika, banyak orang Amerika melaporkan peristiwa yang dilihat dan dialaminya, dengan langsung mengirimkan foto dan video ke blog untuk dibaca khalayak di dunia. Demikian juga saat tsunami yang menewaskan sekitar 200.000-an warga, banyak orang dari seluruh dunia tergerak memberikan bantuan, antara lain karena melihat foto dan menyaksikan video yang dikirim ke blog-blog.

Tulisan dan foto di blog yang lebih gamblang tanpa sensor, acapkali menjadi salah satu sumber alternatif bagi wartawan media cetak, meskipun disadari di sebuah blog, ada agenda politik yang tersembunyi di baliknya. Namun banyak pula penulis di blog kecewa dengan berita-berita bias di media massa (mainstream media) sehingga mereka mengungkapkan fakta di balik berita sesungguhnya.

Isilah blog secara rutin
Jika seseorang membuat blog artinya dia adalah pemilik blog itu, yang bertanggung jawab atas semua isi dan desain blognya. Saya membuat blog sejak akhir Desember 2006 (http://adhikusumaputra.blogspot.com), namun baru saya tambahkan pernak-pernik penghitung pengunjung NeoCounter dua bulan sesudah itu.

Saya mengisi blog (blogging) secara rutin. Sampai akhir September 2007 ini, jumlah pengunjung blog saya mencapai 181.000-an dari 134 negara. Topik yang tulis beragam, bervariasi. Berbagai laporan yang pernah saya tulis dan dimuat di Kompas, saya masukkan ke dalam blog ini untuk memudahkan saya membaca kembali tulisan dan laporan yang pernah saya buat. Tapi selain itu, ada uneg-uneg pribadi, ada pandangan dan pemikiran pribadi, saya tuang ke dalam blog ini.
Saya membuat back-up data blog ini dengan membuka weblog baru, http://adhikusumaputra.multiply.com.

Setelah lebih delapan bulan, blog http://adhikusumaputra.blogspot.com makin banyak isinya. Saya pun terpikir mengapa tidak saya pisahkan saja tulisan dan laporan yang terkait dengan jalan-jalan dan tempat makan? Saya pun membuat blog baru yang isinya khusus travelling and food lover, yaitu http://robertadhiksp.vox.com. Saya memilih Vox karena ingin mencari suasana baru dalam desain blog.

Saya juga mem-back up tulisan pribadi yang dimuat dalam Kolom Blog Adhi Ksp (yang juga dimuat di blog utama) dengan alamat http://kolomblogadhiksp.blogspot.com). Siapa tahu suatu hari kelak, ada penerbit yang tertarik dan membukukan tulisan-tulisan ini? Kalaupun tidak, blog ini sudah saya anggap buku online saya yang sangat berharga.

Setelah memiliki blog, saya makin memiliki banyak teman. Saya pernah menulis bahwa saya mendapat teman baru di Jepang berkat blog. Beberapa teman memberi komentar bahwa membuat blog itu narsis. Menurut saya, tergantung dari sudut mana melihatnya. Lagipula, narsis tidak dilarang kok. Dan saya memilih bergabung dengan jutaan orang di dunia yang membuat blog. Dan ternyata narsis itu perlu. Karena setiap detik, lahir satu blog baru dari seluruh penjuru dunia.

Salah satu respon yang membesarkan hati saya adalah ketika Mas Ninok Leksono, perintis Kompas Cyber Media, pada suatu hari memberi komentar soal blog saya, yang dikunjungi banyak orang. Juga sahabat saya, Frans Lakaseru mengaku pembaca setia blog saya dan berpendapat blog ini termasuk yang paling banyak dikunjungi (saya sendiri tidak pernah tahu soal itu karena saya lebih suka menulis dan mengisi blog daripada mengejar ranking!).

Mas Banu Oetama suatu hari bertemu di lobi gedung Palmerah dan tiba-tiba memberi komentar, "Mas Adhi, weblog Anda bagus." Rupanya dia juga membaca blog ini. Beberapa teman mengaku rutin membaca blog ini antara lain Bung Dhony Rahajoe, Eddy Efendy, Denny Setiawan, bahkan pemilik PO Nusantara Handojo Budianto. Sungguh, saya makin menyadari betapa blog saya dibaca banyak orang dari semua lapisan.

Terima kasih kepada pembaca setia blog ini. Kepada pemilik blog, teruslah selalu menulis blog Anda secara rutin! Kepada Anda yang belum punya blog, segera buatlah blog dan bergabunglah dengan jutaan blogger di dunia!

Serpong, 29 September 2007

Comments

Popular posts from this blog

Masuk dalam Lima Besar Blog Terbaik 2008 Versi Maverick Indonesia

Kolom Blog Adhi Ksp: Paris van Java dan Wawa Sulaeman yang Fenomenal

N95 8GB, Multimeda dalam Genggaman Tangan